Langsung ke konten utama

jawaban uts kompend

Nama : Hendro Setiadi Wiguna

Nim : 0805526

Jurusan : Teknologi Pendidikan

Konsentrasi : TIK

Universitas Pendidikan Indonesia

JAWABAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL

MATA KULIAH KOMUNIKASI PENDIDIKAN

1. Bagan pemikiran dan penjelasannya mengenai hubungan antara ilmu komunikasi dengan pendidikan/pembelajaran

PENDIDIK/GURU PELAJARAN PESERTA DIDIK/SISWA

Penjelasan:

Bagan di atas menjelaskan bahwa proses pembelajaran sangat berhubungan dengan ilmu komunikasi, karena dalam proses pembelajaran pendidik/guru harus menyampaikan pesan yang berupa materi kepada peserta didik/siswa. Seperti definisi ilmu komunikasi itu sendiri penyampaian pesan (message) dari pengirim pesan/sumber (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) melalui media tertentu untuk menghailkan tujuan /efek dan umpan balik/feedback (Ade Candra).Jika pendidik itu tidak mampu atau menguasai ilmu komunikasi maka pesan yang akan di sampaikan pada peserta didik tidak akan sampai dengan baik dan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Jadi bagaimana peserta didik akan menguasai pembelajaran jika seorang pendidiknya tidak menguasai ilmu komunikasi. Kesimpulannya bahwa dunia pendidikan itu pada dasarnya di lingkupi oleh ilmu komunikasi. Walaupun ilmu komunikasi itu adalah bagian dari disiplin ilmu tetapi komunikasi itu sendiri memperoleh tempat khusus salam dunia pendidikan yaitu sebagai hal penting bagi kelancaran proses pendidikan segala jenjang.

2. Bagan keterkaitan antara model komuniasi helical dance dengan model psikologi komunikasi dan penjelasannya

Lingkungan komunikasi Diuraikan, Peristiwa mental behavioral Lingkungan komunikasi & informasi berkembang

Dari bagan diatas dapat disimpulkan bahwa helical dance dengan psikologi komunikasi itu berkaitan atau saling mempengaruhi. Karena pada hakikatnya perubahan individu tidak akan langsung integral. Dan dalam setiap laju perkembangannya maka secara otomatis kecakapan berkomunikasipun bertambah.

3. Contoh permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam praktek sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan mengenali ilmu komunikasi

Contoh permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam praktik sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan mengenali ilmu komunikasi :

1. Pengadaan sumber ajar (melalui internet, e-books)

2. Media pembelajaran (melalui komputer dan LCD)

3. Penyimpanan data-data kesiswaan, kepegawaian, keuangan, dll (melalui data based komputer).

4. Pengolahan nilai ulangan siswa (melalui program komputer).

5. Menganalisis hasil belajar siswa dan analisis butir soal (melalui program komputer).

6. Penyebaran informasi hasil tes dan info lainnya ( Melalui e-mail dan HP).

7. Penyerahan tugas-tugas siswa (melalui e-mail dan HP).

4. Peran Teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan

Dalam perkembangan IPTEK seperti sekarang ini teknologi komunikasi berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan saat ini, bahkan pemerintah telah mencanangkan bahwa sekolah-sekolah sekarang ini harus berbasis ICT. Teknologi komunikasi saat ini dimanfaatkan guru dalam melakukan proses pembelajarannya melalui eksplorasi sumber ajar melalui media internet, pembelajaran ilmu komputer sehingga output pendidikan sesuai dengan harapan dunia usaha maupun harapan masyarakat, bahkan sekarang ini ada beberapa sekolah memanfaatkan Hand Phone (HP) sebagai media pembelajaran. Di samping itu pula teknologi komunikasi dimanfaatkan pula oleh tenaga kependidikan lainnya, hal ini menunjang kinerja tata usaha akan lebih efektif dan efisien melalui pemanfaatan SIM (Sistem Informasi Manajemen) dalam kinerja hariannya. Misalnya pemanfatan data based untuk keperluan administrasi keuangan, kepegawaian, dll. Sehingga dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan terhadap siswa maupun orangtua dan hal inipun menunjang kelancaran keberhasilan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran

1.       a. Ciri-ciri model pembelajaran ·          Beberapa model tertentu ( model penelitian kelompok) dirancang untuk melatih partisipasi dalam kelompok secara demokratis; ·          Memiliki tujuan atau misi pendidikan tertentu; ·          Dirancang untuk mengembangkan proses berfikir induktif ( pada model berfikir induktif); ·          Dapat digunakan sebagai pedoman dalam memperbaiki kegiatan belajar mengajar dikelas; ·          Terdiri dari beberapa bagian (urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax), adanya prinsip-prinsip reaksi, sistem sosial, sistem pendukung) yang dapat digunakan oleh guru seagai pedoman praktis saat melaksanakan suatu model pembelajaran; ·          Model-model yang diterapkan dalam pembelajaran akan memberikan dampak, dampak tersebut berupa dampak pembelajaran (hasil belajar yang dapat diukur) dan dampak pengiring (hasil belajar jangka panjang). b.   Empat jenis model pembelajaran berdasarkan teori 1. ` Model Interaksi Sosial, model

Makalah Knowledge Management

PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN REASURANSI Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah : Knowledge Management Disusun oleh : Hendro Setiadi Wiguna 0805526 JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2011 KATA PENGANTAR Alhamdulilah, atas ijin dan kehendak Allah swt. Kita telah Allah ciptakan dalam wujud manusia yang memiliki kelebihan dibanding  makhluk lainnya, selain itu kitapun bersukur karena kita terlahir kedunia dijaman setelah kerosulan Nabi Muhammad SAW, sehingga kita memeluk agama yang selamat yaitu Islam, lalu kitapun harus bersyukur bahwa  Allah telah menanamkan keimanan dalam dada kita. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur serta memperoleh kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat. Amin Salawat  dan salam semoga selamanya senantiasa tercurah limpahkan kepada panutan kita semua, Nabiyulloh Muhammad SAW, kepada keluarga,

Makalah MEMERANKAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL

MEMERANKAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL Diajukan untuk memenuhi tugas UAS mata kuliah Kapita Selekta TIK Di susun oleh : Hendro Setiadi Wiguna 0805526 JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 201 2 KATA PENGANTAR Alhamdulilah, atas ijin dan kehendak Allah swt. Kita telah Allah ciptakan dalam wujud manusia yang memiliki kelebihan dibanding  makhluk lainnya, selain itu kitapun bersukur karena kita terlahir kedunia dijaman setelah kerosulan Nabi Muhammad SAW, sehingga kita memeluk agama yang selamat yaitu Islam, lalu kitapun harus bersyukur bahwa  Allah telah menanamkan keimanan dalam dada kita. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur serta memperoleh kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat. Amin Salawat  dan salam semoga selamanya senantiasa tercurahlimpahkan kepada panutan kita semua, Nabiyulloh Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan umat pa