Nama : Hendro Setiadi Wiguna
Nim : 0805526
Jurusan : Teknologi Pendidikan
Konsentrasi : TIK
Universitas Pendidikan
JAWABAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MATA KULIAH KOMUNIKASI PENDIDIKAN
1. Bagan pemikiran dan penjelasannya mengenai hubungan antara ilmu komunikasi dengan pendidikan/pembelajaran
PENDIDIK/GURU PELAJARAN PESERTA DIDIK/SISWA
Penjelasan:
Bagan di atas menjelaskan bahwa proses pembelajaran sangat berhubungan dengan ilmu komunikasi, karena dalam proses pembelajaran pendidik/guru harus menyampaikan pesan yang berupa materi kepada peserta didik/siswa. Seperti definisi ilmu komunikasi itu sendiri penyampaian pesan (message) dari pengirim pesan/sumber (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) melalui media tertentu untuk menghailkan tujuan /efek dan umpan balik/feedback (Ade Candra).Jika pendidik itu tidak mampu atau menguasai ilmu komunikasi maka pesan yang akan di sampaikan pada peserta didik tidak akan sampai dengan baik dan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Jadi bagaimana peserta didik akan menguasai pembelajaran jika seorang pendidiknya tidak menguasai ilmu komunikasi. Kesimpulannya bahwa dunia pendidikan itu pada dasarnya di lingkupi oleh ilmu komunikasi. Walaupun ilmu komunikasi itu adalah bagian dari disiplin ilmu tetapi komunikasi itu sendiri memperoleh tempat khusus salam dunia pendidikan yaitu sebagai hal penting bagi kelancaran proses pendidikan segala jenjang.
2. Bagan keterkaitan antara model komuniasi helical dance dengan model psikologi komunikasi dan penjelasannya
Lingkungan komunikasi Diuraikan, Peristiwa mental behavioral Lingkungan komunikasi & informasi berkembang
Dari bagan diatas dapat disimpulkan bahwa helical dance dengan psikologi komunikasi itu berkaitan atau saling mempengaruhi. Karena pada hakikatnya perubahan individu tidak akan langsung integral. Dan dalam setiap laju perkembangannya maka secara otomatis kecakapan berkomunikasipun bertambah.
3. Contoh permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam praktek sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan mengenali ilmu komunikasi
Contoh permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam praktik sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan mengenali ilmu komunikasi :
1. Pengadaan sumber ajar (melalui internet, e-books)
2. Media pembelajaran (melalui komputer dan LCD)
3. Penyimpanan data-data kesiswaan, kepegawaian, keuangan, dll (melalui data based komputer).
4. Pengolahan nilai ulangan siswa (melalui program komputer).
5. Menganalisis hasil belajar siswa dan analisis butir soal (melalui program komputer).
6. Penyebaran informasi hasil tes dan info lainnya ( Melalui e-mail dan HP).
7. Penyerahan tugas-tugas siswa (melalui e-mail dan HP).
4. Peran Teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan
Dalam perkembangan IPTEK seperti sekarang ini teknologi komunikasi berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan saat ini, bahkan pemerintah telah mencanangkan bahwa sekolah-sekolah sekarang ini harus berbasis ICT. Teknologi komunikasi saat ini dimanfaatkan guru dalam melakukan proses pembelajarannya melalui eksplorasi sumber ajar melalui media internet, pembelajaran ilmu komputer sehingga output pendidikan sesuai dengan harapan dunia usaha maupun harapan masyarakat, bahkan sekarang ini ada beberapa sekolah memanfaatkan Hand Phone (HP) sebagai media pembelajaran. Di samping itu pula teknologi komunikasi dimanfaatkan pula oleh tenaga kependidikan lainnya, hal ini menunjang kinerja tata usaha akan lebih efektif dan efisien melalui pemanfaatan SIM (Sistem Informasi Manajemen) dalam kinerja hariannya. Misalnya pemanfatan data based untuk keperluan administrasi keuangan, kepegawaian, dll. Sehingga dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan terhadap siswa maupun orangtua dan hal inipun menunjang kelancaran keberhasilan pendidikan pada suatu lembaga pendidikan.
Komentar
Posting Komentar