Langsung ke konten utama

silabus

MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

LAPORAN

Diajukan untuk memenuhi tugas Belajar dan Pembelajaran TIK

OLEH :

1. Asep Yasir

2. Herfika O. D

3. Hendro S. W

4. Khoirun Nisa’

5. Yoso

6. Rizal Aziez Muslim

KONSENTRASI GURU TIK

JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

BANDUNG

2008

Mata Pelajaran TIK Dalam Ruang Lingkup Penggunaan Internet Untuk Memperoleh Informasi Untuk Sekolah MenengahPertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (Mts)

A. Latar Belakang

Di era globalisasi, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat. Banyak penemuan – penemuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya adalah internet. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya dalam memperoleh informasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi pesatnya perkembangan tersebut. Dalam mata pelajaran ini, salah satu standar kompetensi mata pelajaran ini adalah menggunakan Internet untuk memperoleh informasi.

Standar kompetensi ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik agar mereka memiliki bekal untuk memudahkan memperoleh informasi yang semakin berkembang luas dalam berbagai aspek kehidupan dan tersebar di berbagai belahan dunia. Untuk memperoleh informasi tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar siswa secara cepat dan cerdas. Di dalam internet terdapat sumber – sumber informasi dunia yang dapat diakses oleh sipapun dan dimanapun melalui jaringan internet. Hal ini membantu manusia memperoleh informasi secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis internet diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 9 jam selama 3 bulan, atau ekivalen dengan 1 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 semester jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri.

B. Tujuan

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan standar kompetensi Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Memahami internet

2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan internet

3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam

penggunaan internet

4. Belajar sendiri secara cepat :

(a). Meningkatkan pengetahuan
(b). Belajar berinteraktif
(c). Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian

5. Memperkaya diri :

(a). Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
(b). Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia

TIU :

1. Setelah mengikuti pelajaran TIK tentang internet diharapkan siswa dapat memahami cara mengakses Internet dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat mengakses internet sehingga dapat mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer

2. Siswa dapat Mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada Address bar pada perangkat lunak yang digunakan

3. Siswa dapat melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

4. Siswa dapat mendeskripsikan secara umum manfaat layanan internet, menemukan layanan e-mail di internet, mendemonstrasi-kan langkah –langkah membuat e-mail.

5. Melacak situs untuk memperoleh informasi dari internet, melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan, mengolah informasi yang diperoleh mengunakan program pengolah kata.

TIK:

1. Siswa dapat Mengindentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet.

2. Siswa dapat Menuliskan nama-nama domain di address bar.

3. Siswa dapat Melakukan pelacakan alamat Web melalui : search engine.

4. Siswa dapat Mendeskripsikan manfaat layanan internet, mengidenti-fikasi layanan e-mail yang ada di internet, dan membuat e-mail.

5. Siswa dapat Men-download informasi.

6. Siswa dapat Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download.

Alokasi:12 kali pertemuan Sumber:Internet dan buku yang mendukung.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

SILABUS

Sekolah : SMP ……………………………….

Kelas/Semester : IX (Sembilan) /2 (dua)

Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Standar Kompetensi : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

2.1. Mende-monstrasi-kan akses internet sesuai dengan prosedur

Akses Internet

Ø Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø Penulisan nama domain

Ø Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer

Ø Mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada Address bar pada perangkat lunak yang digunakan

Ø Mengindentifik-asi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø Menuliskan nama-nama domain di address bar

Observasi

Unjuk kerja

Lembar observasi

Rubrik unjuk kerja

Tunjukkanlah nama-nama perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet!

Akseslah nama-nama domain pada address bar

4 x 45

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket, tayangan

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Ø Search engine

Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui : search engine

Observasi

Lembar observasi

Carilah informasi tentang pendidikan menggunakan search engine

2.2.

Mengidenti-fikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Ø Layanan internet antara lain e-mail

Ø Mendeskripsikan secara umum manfaat layanan internet

Ø Menemukan layanan e-mail di internet

Ø Mendemonstrasi-kan langkah –langkah membuat e-mail

Ø Mendeskripsikan manfaat layanan internet

Ø Mengidenti-fikasi layanan e-mail yang ada di internet

Ø Membuat e-mail

Tes tertulis

Unjuk kerja dan

Tes tertulis

Unjuk kerja

Uraian

Uji prosedur dan uraian

Uji prosedur dan produk

Jelaskan manfaat layanan internet

Temukanlah layanan e-mail yang terdapat di internet !

Buatlah alamat e-mail melalui Yahoo.com

4 X 45

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket











Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

2.3. Meng- akses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang ada di internet

Ø Mendownload informasi dari internet

Ø Pengolahan informasi dari internet

Ø Melacak situs untuk memperoleh informasi dari internet

Ø Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan

Ø Mengolah informasi yang diperoleh mengunakan program pengolah kata

Ø Men-download informasi

Ø Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download

Tes Unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

Uji prosedur

produk

Carilah 3 artikel pendidikan dari internet

Downloadlah informasi yang telah ditemukan kemudian simpan pada media penyimpanan (hard disk)

Editlah informasi hasil down load dengan program pengolah kata dan simpan pada media penyimpanan (hard disk)

4 X 45

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran

1.       a. Ciri-ciri model pembelajaran ·          Beberapa model tertentu ( model penelitian kelompok) dirancang untuk melatih partisipasi dalam kelompok secara demokratis; ·          Memiliki tujuan atau misi pendidikan tertentu; ·          Dirancang untuk mengembangkan proses berfikir induktif ( pada model berfikir induktif); ·          Dapat digunakan sebagai pedoman dalam memperbaiki kegiatan belajar mengajar dikelas; ·          Terdiri dari beberapa bagian (urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax), adanya prinsip-prinsip reaksi, sistem sosial, sistem pendukung) yang dapat digunakan oleh guru seagai pedoman praktis saat melaksanakan suatu model pembelajaran; ·          Model-model yang diterapkan dalam pembelajaran akan memberikan dampak, dampak tersebut berupa dampak pembelajaran (hasil belajar yang dapat diukur) dan dampak pengiring (hasil belajar jangka panjang). b.   Empat jenis model pembelajaran berdasarkan teori 1. ` Model Interaksi Sosial, model

Makalah Knowledge Management

PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN REASURANSI Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah : Knowledge Management Disusun oleh : Hendro Setiadi Wiguna 0805526 JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2011 KATA PENGANTAR Alhamdulilah, atas ijin dan kehendak Allah swt. Kita telah Allah ciptakan dalam wujud manusia yang memiliki kelebihan dibanding  makhluk lainnya, selain itu kitapun bersukur karena kita terlahir kedunia dijaman setelah kerosulan Nabi Muhammad SAW, sehingga kita memeluk agama yang selamat yaitu Islam, lalu kitapun harus bersyukur bahwa  Allah telah menanamkan keimanan dalam dada kita. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur serta memperoleh kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat. Amin Salawat  dan salam semoga selamanya senantiasa tercurah limpahkan kepada panutan kita semua, Nabiyulloh Muhammad SAW, kepada keluarga,

Makalah MEMERANKAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL

MEMERANKAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL Diajukan untuk memenuhi tugas UAS mata kuliah Kapita Selekta TIK Di susun oleh : Hendro Setiadi Wiguna 0805526 JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 201 2 KATA PENGANTAR Alhamdulilah, atas ijin dan kehendak Allah swt. Kita telah Allah ciptakan dalam wujud manusia yang memiliki kelebihan dibanding  makhluk lainnya, selain itu kitapun bersukur karena kita terlahir kedunia dijaman setelah kerosulan Nabi Muhammad SAW, sehingga kita memeluk agama yang selamat yaitu Islam, lalu kitapun harus bersyukur bahwa  Allah telah menanamkan keimanan dalam dada kita. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur serta memperoleh kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat. Amin Salawat  dan salam semoga selamanya senantiasa tercurahlimpahkan kepada panutan kita semua, Nabiyulloh Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan umat pa