MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI
LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi tugas Belajar dan Pembelajaran TIK
OLEH :
1. Asep Yasir
2. Herfika O. D
3. Hendro S. W
4. Khoirun Nisa’
5. Yoso
6. Rizal Aziez Muslim
KONSENTRASI GURU TIK
JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2008
Mata Pelajaran TIK Dalam Ruang Lingkup Penggunaan Internet Untuk Memperoleh Informasi Untuk Sekolah MenengahPertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (Mts)
A. Latar Belakang
Di era globalisasi, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat. Banyak penemuan – penemuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya adalah internet. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya dalam memperoleh informasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi pesatnya perkembangan tersebut. Dalam mata pelajaran ini, salah satu standar kompetensi mata pelajaran ini adalah menggunakan Internet untuk memperoleh informasi.
Standar kompetensi ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik agar mereka memiliki bekal untuk memudahkan memperoleh informasi yang semakin berkembang luas dalam berbagai aspek kehidupan dan tersebar di berbagai belahan dunia. Untuk memperoleh informasi tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar siswa secara cepat dan cerdas. Di dalam internet terdapat sumber – sumber informasi dunia yang dapat diakses oleh sipapun dan dimanapun melalui jaringan internet. Hal ini membantu manusia memperoleh informasi secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis internet diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 9 jam selama 3 bulan, atau ekivalen dengan 1 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 semester jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan standar kompetensi Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami internet
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan internet
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam
penggunaan internet
4. Belajar sendiri secara cepat :
(a). Meningkatkan pengetahuan
(b). Belajar berinteraktif
(c). Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian
5. Memperkaya diri :
(a). Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
(b). Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia
TIU :
1. Setelah mengikuti pelajaran TIK tentang internet diharapkan siswa dapat memahami cara mengakses Internet dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat mengakses internet sehingga dapat mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer
2. Siswa dapat Mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada Address bar pada perangkat lunak yang digunakan
3. Siswa dapat melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine
4. Siswa dapat mendeskripsikan secara umum manfaat layanan internet, menemukan layanan e-mail di internet, mendemonstrasi-kan langkah –langkah membuat e-mail.
5. Melacak situs untuk memperoleh informasi dari internet, melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan, mengolah informasi yang diperoleh mengunakan program pengolah kata.
TIK:
1. Siswa dapat Mengindentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet.
2. Siswa dapat Menuliskan nama-nama domain di address bar.
3. Siswa dapat Melakukan pelacakan alamat Web melalui : search engine.
4. Siswa dapat Mendeskripsikan manfaat layanan internet, mengidenti-fikasi layanan e-mail yang ada di internet, dan membuat e-mail.
5. Siswa dapat Men-download informasi.
6. Siswa dapat Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download.
Alokasi:12 kali pertemuan Sumber:Internet dan buku yang mendukung.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
SILABUS
Sekolah : SMP ……………………………….
Kelas/Semester : IX (Sembilan) /2 (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1. Mende-monstrasi-kan akses internet sesuai dengan prosedur | Akses Internet Ø Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet Ø Penulisan nama domain | Ø Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer Ø Mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada Address bar pada perangkat lunak yang digunakan | Ø Mengindentifik-asi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet Ø Menuliskan nama-nama domain di address bar | Observasi Unjuk kerja | Lembar observasi Rubrik unjuk kerja | Tunjukkanlah nama-nama perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet! Akseslah nama-nama domain pada address bar | 4 x 45 | Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket, tayangan | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
| Ø Search engine | Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine | Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui : search engine | Observasi | Lembar observasi | Carilah informasi tentang pendidikan menggunakan search engine | | | |
2.2. Mengidenti-fikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet | Ø Layanan internet antara lain e-mail | Ø Mendeskripsikan secara umum manfaat layanan internet Ø Menemukan layanan e-mail di internet Ø Mendemonstrasi-kan langkah –langkah membuat e-mail | Ø Mendeskripsikan manfaat layanan internet Ø Mengidenti-fikasi layanan e-mail yang ada di internet Ø Membuat e-mail | Tes tertulis Unjuk kerja dan Tes tertulis Unjuk kerja | Uraian Uji prosedur dan uraian Uji prosedur dan produk | Jelaskan manfaat layanan internet Temukanlah layanan e-mail yang terdapat di internet ! Buatlah alamat e-mail melalui Yahoo.com | 4 X 45 | Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3. Meng- akses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang ada di internet | Ø Mendownload informasi dari internet Ø Pengolahan informasi dari internet | Ø Melacak situs untuk memperoleh informasi dari internet Ø Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan Ø Mengolah informasi yang diperoleh mengunakan program pengolah kata | Ø Men-download informasi Ø Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download | Tes Unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes identifikasi Uji prosedur produk | Carilah 3 artikel pendidikan dari internet Downloadlah informasi yang telah ditemukan kemudian simpan pada media penyimpanan (hard disk) Editlah informasi hasil down load dengan program pengolah kata dan simpan pada media penyimpanan (hard disk) | 4 X 45 | Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket |
Komentar
Posting Komentar